Saturday, March 28, 2009

Danau Asyik Yg Tidak Kalah Dgn Danau Toba

3 komentar
Danau Asyik Yg Tidak Kalah Dgn Danau Toba Ialah Danau/Telaga Ngebel Yang Terletak Bumi Reog. Telaga Ngebel merupakan salah satu tempat pariwisata yang berada di Bumi Reog Ponorogo. Selain bumi reog kota ponorogo dikenal juga dengan keindahan alam yang asyik sekali.
Sejarah kenapa bisa dinamakan Telaga Ngebel karena berada diwilayah kecamatan Ngebel. Terletak 24 km ke arah Timur Laut Ponorog. Telaga Ngebel berada di lereng gunung Wilis dengan ketinggian 734 meter DPL dan suhu 22-23 derajat Celsius.Dengan luas permukaan sekitar 1,5 km telaga Ngebel dikelilingi olen jalan sepanjang 5 km. Kawasan ini memiliki panorama yang menakjubka, udara yang sejukdengan kondisi alam yang masih perawanyang menyimpan sejuta potensi untuk digali. Disini bisa dijumpai aneka buah-buahan seperti: durian,manggis, pundung dsb. Di dalam telaga disebar aneka jenis ikan satu diantaranya termasuk varietas ikan yang dilindungi yaitu ikan Hampala atau penduduk local menamakannya ikan Ngongok. Bagi yang ingin menginap tersedia pula penginapan yang dikelola PEMDA dan swasta.
Makanya Kenapa Danau Asyik Yg Tidak Kalah Dgn Danau Toba.

Menurut legenda yang berkembang di masyarakat, telaga Ngebel terbentuk berdasarkan kisah seekor ular naga yang bernama ‘Baru K
linting’. Sang Ular saat bermeditasi secara tak sengaja di potong-potong oleh masyarakat sekitar untuk dimakan. Secara ajaib, sang ular menjelma menjadi anak kecil yang kemudian mendatangi masyarakat dan membuat sayembara untuk mencabut lidi yang ditancapkan di tanah. Tak satupun berhasil melakukannya. Kemudian, dia sendirilah yang akhirnya mencabut lidi tersebut dan dari lubang bekas lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang dan menjadi telaga Ngebel.

Konon telaga Ngebel mempunyai peran penting dalam sejarah Kabupaten Ponorogo karena salah seorang pendiri Kabupaten Ponorogo, batoro
katong, Sebelum melakukan syiar agam Islam di Kabupaten Ponorogo menyucikan diri terlebih dahulu di suatu mata air di dekat telaga Ngebel yang saat ini dikenal sebagai Sumber/Kucur Batoro. Memang sungguh menakjukkan Bumi Reog, selain kota reog juga Kota Pariwisata. Maka dari itu Telaga Ngebel Danau Asyik Yg Tidak Kalah Dgn Danau Toba.
Ini Sebagai contoh Foto yg diambil dari sebelah sisi timur:

3 Responses so far

  1. Ternyata di sini juga bisa belajar sejarah ya?
    =))

  2. Sekedar ingin berkunjung, karena disini tempetnya asyik ! ;)

  3. Lopez says:

    Mas Mob-Mob, saya sudah komentar banyak di setiap posting kamu. Komentar juga dong di Blog ku.
    8-}

Leave a Reply